Breaking News

Istilah Diving Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menyelam

Hi Sob! Diving atau menyelam dalam air khususnya laut adalah salah kegiatan yang menyenangkan bagi sebagian traveler dan pecinta alam, tidak peduli apakah ia berprofesi sebagai karyawan ataupun pengusaha. Pasalnya saat diving, kita dapat melihat keaneka-ragaman hayati flora dan fauna di bawah laut, seperti ikan-ikan ukuran kecil yang berwarna-warni, penyu, belut laut, hiu dan lain-lain. Apa kamu sudah sering diving sob bahkan sampai bersama ikan besar dan terumbu karang saat diving. 



Namun bisa jadi ada istilah diving yang tidak kamu ketahui. Yuk lengkapi pengetahuan kamu tentang diving dengan membaca artikel ini : Istilah Diving Yang Harus Kamu Ketahui Sebelum Menyelam

Skin Diving



Biasanya orang lebih mengenalnya dengan istilah snorkeling atau selam dangkal alias selam permukaan.  Kegiatan yang biasa kamu lakukan dengan skin diving ini berenang atau menyelam dengan mengenakan peralatan berupa masker selam dan snorkel. Yang paling populer misalkan ketika berlibur di kepulauan seribu, maka kamu disitu bisa melakukan skin diving.

   
Diving (menyelam) adalah salah kegiatan yang menyenangkan. Soalnya, kita bisa melihat hewan-hewan bawah laut, seperti ikan-ikan kecil yang berwarna-warni, penyu, hiu, belut laut, dan lain-lain. Mungkin kamu sudah sering diving, bahkan kamu juga sudah pernah bareng ikan besar atau terumbu karang yang indah saat diving. Tapi, bisa jadi ada istilah-istilah diving yang belum kamu tahu. Untuk melengkapi pengetahuan kamu soal diving, baca artikel ini dulu, yuk, travelers!

Scuba Diving: 

Diving ini memerlukan peralatan selam yang lengkap dan profesional. SCUBA ini merupakan singkatan dari Self Breathing Underwater Breathing Apparatus. Terlihat sangat panjang sih, namun setidaknya akan dicoba dibahas disini ada 2 sistem sirkulasi pada scuba divin.

>> Sistem Sirkulasi Tertutup

Sistem ini mengunakan zat asam/oksigen murni yang dibekali penyerap kimia untuk menyingkirkan CO2/ zat asam arang yang keluar dari paru-paru (Ya gampangnya zat ini biasa jika menghembuskan nafas akan keluar). Dalam sistem ini pada hakekatnya meniupkan kembali O2 buang hawa ke dalam air. Ini adalah satu sistem tertutup sekalipun. Unit ini digunakannya terbatas sampai kedalaman 33 kaki feet. Pemakaian jenis sistem SCUBA tertutup ini jelas dituntut keahlian yang spesifik lantaran beresiko.

>> Sistem Sirkulasi Terbuka

Terdiri dari Demand Regulator serta Tabung Hawa yang dimampatkan (Compressed Air Tank) yaitu type alat scuba yang pada sekarang ini adalah alat yang paling aman dipergunakan. Hawa yang dimampatkan disalurkan melewati regulator ke penyelam, serta hawa yang sudah dihisap dibuang segera ke air tiada dipergunakan lagi. 

Nitrox Diving


Sama halnya dengan scuba diving, teknik penyelaman ini juga menggunakan peralatan selam lengkap. Tapi bedanya, kadar campuran oksigen dan nitrogen dalam tabung lebih banyak, sehingga kamu bisa menyelam dengan waktu yang lebih panjang.


Wet Suit


Dari namanya saja kamu sudah tahu dong jika ini baju selam. Baju yang dipakai untuk menyelam yang terbuat dari bahan neophrene yang memiliki rongga-rongga udara. Fungsi dari pakaian ini untuk melindungi tubuh kamu dari goresan-goresan yang mungkin terjadi ketika dibawah laut dan menjaga suhu tubuh kamu selama menyelam supaya nggak drop.


Tidak ada komentar