Ketahui Cara Mudah untuk Menghemat Ala Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga adalah ibu negara di keluarganya sendiri. Setiap masalah keuangan rumah tangga, setiap kejadian di dapur, setiap peristiwa meja makan, dan kebersihan rumah merupakan tanggung jawab ibu pada umumnya. Ibu rumah tangga memang terkenal dengan cara menghemat yang super duper tetapi tidak membuat kebutuhan keluarga berkurang atau terlalu pas, tidak juga menyiksa keadaan makanan anggota keluarga setiap harinya. Hal inilah mengapa seorang ibu sangat berperan penting dalam keluarga, apabila ibu rumah tangga boros dalam penggunaan uang akan sangat tidak baik karena tidak dapat mengatur keuangan keluarga dan tidak dapat memberi pengajaran hemat terhadap anak.


Begitu banyak cara menghemat yang dilakukan oleh mahasiswa, pekerja baru ataupun wanita yang hidup sendiri. Namun, menghemat uang bulanan ala ibu rumah tangga tentu berbeda. Berikut adalah cara hemat uang bulanan oleh ibu rumah tangga diantaranya:

· Sistem 31 amplop, dengan menyediakan amplop sebanyak 31 kemudian mengisinya sesuai dengan kebutuhan selama satu bulan. Sisa uang akan disisihkan untuk investasi atau keperluan bulan depan.
· Tidak fokus terhadap merek, memilih merek dengan harga murah tanpa harus memilih merek mahal dengan fungsi yang sama.
· Menjaga bahan makanan lebih awet supaya tidak mudah busuk atau berjamur.
· Membuat daftar makanan mingguan, sehingga pengeluaran akan teratur dan makanan tidak berlebih.
· Catat setiap rencana belanja rutin bulanan dan simpan nota pembelian, supaya ibu dapat membandingkan harga barang yang naik dan sedang diskon.
· Membeli di tempat yang berbeda setiap bulannya untuk membandingkan tempat yang menjual barang dengan harga lebih murah.

Beberapa cara tersebut memang kesannya sedikit ribet tetapi cara-cara tersebut sudah dilakukan oleh ibu rumah tangga untuk mengatur pengeluaran keuangan. Selain hal diatas, juga terdapat pengurangan penggunaan kartu kredit karena akan lebih membuat seseorang mudah tergiur untuk belanja banyak sedangkan nantinya akan begitu banyak tagihan kartu kredit yang harus dibayarkan. Ibu juga perlu berburu diskon tetapi kelebihan ibu disini saat diskon adalah memperhatikan kondisi barang dan masa pakai barang.

Saat ada diskon tentunya perlu memperhatikan hal-hal berikut:

· Isi dompet untuk membayar sisa harga dari diskon.
· Ketahui harga awal barang yang akan diskon.
· Beli sesuai kebutuhan bukan keinginan.
· Saat diskon perhatikan kondisi fisik barang.
· Cari dengan teliti barang-barang yang dibutuhkan tetapi kualitas terbaik, biasanya ibu memanfaatkan promo belanja.

Hemat ala ibu rumah tangga memang lebih kompleks karena tidak mengurusi satu orang tetapi satu keluarga yang terdiri dari ayah dan anak dengan jumlah yang berbeda. Penghematan ibu rumah tangga bukan sistem pelit tetapi pengaturan keluar masuk uang, sekaligus menerapkannya kepada anak supaya mampu mengatur uang saku setiap bulannya. Ibu rumah tangga tentunya memiliki cara sendiri untuk mengontrol keuangan keluarga dan semua itu baik.

Komentar