Langsung ke konten utama

3 Tempat Keren Anti Mainstream Buat Kamu Yang Butuh Refreshing

Ketahui Hukumnya Dulu Sebelum Berkurban

Hari raya idul fitri dan hari raya Idul Adha adalah dua hari raya besar dalam islam yang sudah tentu menjadi momen yang sangat ditunggu-tunggu oleh berbagai kalangan. Bahkan, kebanyakan dari seluruh kalangan yang tinggal di kota-kota besar rela mengeluarkan ongkos yang tidak terhitung sedikit untuk kembali ke kampung halaman untuk bisa menunaikan kedua hari raya tersebut. Momen kebersamaan juga terlihat ketika Idul Adha yang biasanya terkenal dengan sebutan hari raya kurban. Banyak sekali kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati hari raya ini, salah satunya membuat aneka macam makanan. Nah, mungkin Anda masih bertanya-tanya sebenarnya apakah hukum kurban tersebut? Pada kesempatan kali ini secara khusus kami akan membahas mengenai hukum qurban dalam islam. Berikut sedikit penjelasan dari kami mengenai hukum kurban.



Qurban adalah salah satu kewajiban bagi kaum muslimin yang mampu untuk membayar kurban. Rasulullah SAW melalui hadist nya juga secara terang menjelaskan hukum qurban bagi yang berkelapangan harta.  Bahkan dalam HR. Ibnu Majah dan Hakim, secara tegas menjelaskan bahwa orang islam yang mampu berkurban tetapi tidak kurban maka tidak diperkenankan menuju masjid atau tempat sholat kaum muslim. Pendapat mengenai kewajiban tersebut lebih tegas disampaikan daripada perintah yang menjelaskan mengenai hukum kurban yang sunah mu’akad atau ditekankan. 

Pendapat mayoritas ternyata muncul dari beberapa ulama besar meliputi Imam Malik, Imam Syafi’I, Imam Ahmad, Abu Yusuf, Ishak bin Rahawaih, Ibnul Mundzir, Ibnu Hazm dan beberapa ulama lainnya yang mengacu kepada sabda nabi Muhammad SAW yang diruwayatkan oleh HR. Tarmidzi menjelaskan mengenai perintah dari Allah untuk menyembelih kurban dan kurban bagi umat islam adalah sunah. Riwayat dari Abu Mas’ud Al Anshari juga memperkuat dalil ini dengan mengatakan bahwa dirinya tidak berkurban meski pun dalam kondisi lapangan harta. Hal tersebut beliau lakukan karena perasaan takut jikalau tetangga mengira bahwa kurban adalah wajib baginya. Abu Sarinah turut memperjelas hukum qurban ini yaitu dengan mengatakan bahwa dirinya melihat Abu Bakar dan Umar sedangkan mereka berdua tidak berkurban.

Selain itu Ibnu Hazm mengatakan pula bahwa ternyata tidak ada riwayat yang shahih mengenai kelompok yang menyanggah tentang hujah yang sudah dikemukakan oleh kelompok yang menggunakan hadis nabi sebagai dalilnya. Suatu celaan yang muncul untuk tidak datang ke tempat ibadah jika kemampuan hartanya tidak membuat seseorang tersebut berkurban. Celaan tersebut mengumpamakan bahwa seseorang yang tidak berkurban bahwa orang tersebut mampu, anggap mampu untuk mendekati sholat Idul Adha. Nah, bagi Anda yang bisa belum tercerahkan mengenai hukum qurban bisa langsung saja mendatangi masjid terdekat Anda yang bisa secara langsung mencerahkan Anda.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Kembangkan Ide Kreatif Anda dengan Membuat Mesin Bubut Kayu

Berkembangnya zaman, belum tentu membuat semua orang mudah dalam mencari nafkah setiap harinya. Terkadang perlu juga berkreasi sendiri walaupun dengan bahan yang sederhana. Bertambahnya populasi manusia, maka bertambah pula permintaan pekerjaan setiap tahunnya. Dan lahan pekerjaan tidaklah seluas dan sebanyak itu. Diperlukan adanya kreatifitas agar tetap mempunyai penghasilan. Dengan begitu, Anda bisa mengembangkan ide kreatif Anda dengan membuat mesin bubut kayu.
Karena kayu mungkin tidak mudah didapatkan, tapi setidaknya Anda sudah punya gambaran terlebih dahulu. Setelah semua terancang dengan baik, baru Anda menari kayu apa yang sesuai dengan mesin yang akan Anda buat. Karena menggunakan kayu lebih praktis saat membuat peralatan dengan tang sendiri. Dengan begitu, Anda bisa menjualnya secara online melaluisitus belanja online. karena sekarang banyak yang mengaksesnya melalui internet.
Inilah beberapa cara dalam pembuatan mesin bubut kayu.

Bahan:
·2 bearing 628rs, ·2 baut 8mm dengan …

Kerja Sampingan Bagi Para Mahasiswa

Menjadi mahasiswa palagi mahasiswa tingkat akhir pasti kesibukan sudah tdiak seperti saat awal awal menjadi mahasiswa ya Guys! Maka inilah saatnya untuk melakukan kerjaan sampingan agar bisa mendapatkan uang saku sendiri dan bisa membuat Anda tidak nganggur. Yuk kita coba beberapa pekerjaan sampingan ini untuk membantu mahasiswa tingkat akhir yang sudah mulai tidak sibuk!

1.Menulis Artikel Bagi kamu yang baru mulai menekuni dunia kepenulisan, jangan menyerah meskipun belum menghasilkan karya yang besar. Cukup menulis artikel saja kalian bisa berkarya dan menghasilkan pundi-pundi uang dan belajar mandiri karena tidak merengek lagi minta uang jajan pada orang tua. Apalagi sekarang ini banyak pengusaha yang merambah situs atau blog untuk memasarkan produknya dan itu membutuhkan jasa penulis iklan. Dan banyak aplikasi artikel yang bisa merekrut kamu. Atau media cetak seperti Koran dan majalah. Tentunya kamu harus banyak berlatih.
2.Menjadi guru privat Bisnis kursus private merupakan bisn…

Ketahui Cara Mudah untuk Menghemat Ala Ibu Rumah Tangga

Ibu rumah tangga adalah ibu negara di keluarganya sendiri. Setiap masalah keuangan rumah tangga, setiap kejadian di dapur, setiap peristiwa meja makan, dan kebersihan rumah merupakan tanggung jawab ibu pada umumnya. Ibu rumah tangga memang terkenal dengan cara menghemat yang super duper tetapi tidak membuat kebutuhan keluarga berkurang atau terlalu pas, tidak juga menyiksa keadaan makanan anggota keluarga setiap harinya. Hal inilah mengapa seorang ibu sangat berperan penting dalam keluarga, apabila ibu rumah tangga boros dalam penggunaan uang akan sangat tidak baik karena tidak dapat mengatur keuangan keluarga dan tidak dapat memberi pengajaran hemat terhadap anak.

Begitu banyak cara menghemat yang dilakukan oleh mahasiswa, pekerja baru ataupun wanita yang hidup sendiri. Namun, menghemat uang bulanan ala ibu rumah tangga tentu berbeda. Berikut adalah cara hemat uang bulanan oleh ibu rumah tangga diantaranya:
· Sistem 31 amplop, dengan menyediakan amplop sebanyak 31 kemudian mengisinya s…

untuk info kerjasama silahkan hubungi partnerblogkita@gmail.com