Produk yang Laris Dijual di Tokopedia

Yuk Berkurban Sapi Kurban

Apa itu berkurban? Berkurban merupakan salah satu hari raya yang dimiliki agama Islam yaitu hari raya Idul Adha atau hari raya kurban. Hari raya Idul Adha atau hari raya kurban jatuh di setiap bulan Dzulhijjah yaitu lebih tepatnya jatuh pada tanggal 10 Dzulhijjah. Pada hari raya kurban ini, seluruh umat muslim melakukan ibadah solat id sebelum melakukan penyembelihan hewan kurban. Hewan kurban yang digunakan adalah sapi kurban, kambing dan juga unta. Di Indonesia sendiri dimana mayoritas penduduknya beragama Islam, hewan kurban yang sering dipilih adalah sapi kurban. 



Menyimak sejarah kurban adalah salah satu hal yang perlu kita pelajari. Kisah kurban dijelaskan pada Al-Quran surat Ash-Shaffat ayat 104-107. Dalam ayat tersebut dikisahkan bahwa setelah Nabi Ibrahim AS berpindah dari negeri kaumnya, Nabi Ibrahim memohon kepada Allah SWT untuk dikaruniai seorang anak yang saleh. Maha besar Allah SWT mengabulkan doa nabi Ibrahim AS, Istri dari nabi Ibrahim yaitu siti Hajar melahirkan seorang bayi yang sangat tampan dan diberi nama Ismail. Di suatu malam, nabi Ibrahim bermimpi, dalam mimpinya tersebut nabi Ibrahim mendapat perintah untuk menyembelih anaknya, Ismail. Mimpi tersebut selalu hadir dalam mimpi Nabi Ibrahim sebanyak tiga kali. Akhirnya Nabi Ibrahim meyakini bahwa mimpinya tersebut merupakan perintah Allah SWT dan harus beliau laksanakan. Dalam hatinya dia berdoa “Jika benar ini adalah perintah Allah SWT, maka aku akan pasrah dan sabar”. 

Setelah memutuskan untuk melaksanakan perintah Allah SWT, nabi Ibrahim kemudian menceritakan mimpinya kepada sang anak, Ismail. Pada saat itu usia sang anak masih kecil. Beliau meminta pendapat kepada sang anak tentang mimpinya tersebut. Pada saat itu, sangat di luar dugaan sang anak mampu berbicara dan mengamini mimpi ayahnya untuk melakukannya. Tanpa merasa takut dan marah Ismail meyakini untuk melakukan mimpi dari ayahnya tersebut karena dia meyakini bahwa mimpi tersebut adalah wahyu Allah SWT. Kemudian Nabi Ibrahim dan Ismail pergi ke sebuah tempat yang tinggi. Di tempat tersebut sang anak Ismail membaringkan diri dan bersiap untuk disembelih oleh ayahnya. Dan ketika semuanya sudah siap, Allah SWT menurunkan sebuah wahyu dan menggantinya dengan seekor sembelihan yang besar. Para ulama menyepakati bahwa sembelihan besar yang dimaksud adalah kambing atau domba atau juga sapi kurban.  

Ayat dan kisah tersebut memberikan pesan bahwa kita wajib melaksanakan perintah Allah SWT, dan memasrahkan kehendak kepada Allah, dan senantiasa menjaga kesabaran dan juga selalu menjaga ketaatan kita kepada Allah SWT.  Dari kisah dan ayat tersebut marilah kita berkurban bila kita telah memiliki risky yang cukup dan telah memenuhi syarat untuk berkurban sebagai bentuk ketaatan, rasa syukur kita kepada Allah SWT. Globalqurban.com akan membantu Anda memilih sapi kurban dan kambing kurban untuk dikurbankan berdasarkan syariat Islam.

Komentar