Produk yang Laris Dijual di Tokopedia

Kriteria Kambing Kurban dan Hewan Kurban Lainnya

Hari raya Idul Adha biasa disebut idul kurban atau hari raya haji merupakan hari raya besar kedua setelah Idul Fitri bagi umat muslim. Hari raya Idul Adha ditandai dengan penyembelihan hewan kurban, berupa sapi, kerbau, unta, domba, dan kambing kurban. Biasanya penyembelihan dilakukan di lapangan masjid atau tempat lapang lainnya. Hewan kurban adalah hasil sumbangan warga yang dagingnya akan dibagikan kepada warga dan kaum dhuafa.

Hewan yang dikurbankan tidak boleh sembarangan, melainkan harus berdasarkan beberapa kriteria, seperti:

1. Hewan ternak berkaki empat dan kepemilikannya halal

Menurut ilmu fiqih, hewan yang boleh dijadikan hewan kurban hanyalah hewan ternak berkaki empat. Maka, selain itu tidak diperbolehkan. Kepemilikan hewan juga harus jelas dan halal. Sehingga, tidak sah jika berkurban dengan hewan kurban yang berasal dari mencuri, merampok, yang dimiliki dengan akad yang haram, dan dibeli dengan uang yang murni haram, seperti riba. 

2. Batasan usia

Hewan yang boleh dijadikan kurban hanya yang berusia:
Sapi kurban minimal yang usianya genap 2 tahun dan telah memasuki tahun ke-3
Unta kurban minimal usianya genap 5 tahun dan telah memasuki tahun ke-6
Kambing kurban biasa (bukan jenis domba/biri-biri) minimal usianya genap 1 tahun dan telah memasuki tahun ke-2
Domba atau biri-biri, jika sulit mendapatkan yang umurnya 1 tahun, maka diperbolehkan yang usia minimalnya genap 6 bulan dan telah memasuki bulan ke-7

3. Kondisi Fisik

Kondisi hewan yang hendak dikurbankan harus yang bersih dari cacat. Terdapat 4 cacat yang menjadikan hewan kurban tidak sah untuk dikurbankan, yaitu jelas sakitnya, jelas buta sebelah matanya, jelas pincangnya, dan terlampau kurus hingga tidak memiliki sumsum tulang belakang. Selain itu, hewan yang sedang hamil dan pasca melahirkan juga tidak diperbolehkan untuk dijadikan hewan kurban.

4. Ketentuan kurban

Jika hewan yang dikurbankan adalah sapi atau unta, guna meringankan orang yang ingin berkurban, mereka boleh mengadakan urunan. Pengadaan hewan kurban dari hasil urunan tidak boleh melebihi batas maksimal. Batas maksimal urunan sapi sebanyak 7 orang, sementara unta maksimal sebanyak 10 orang. Sedangkan, untuk kambing kurban tidak diperbolehkan urunan.

5. Waktu penyembelihan

Penyembelihan hewan kurban memiliki waktu tertentu, yaitu di awal waktu adalah setelah shalat Idul Adha dan berakhir saat matahari terbenam pada tanggal 12 Dzulhijjah. Pendapat lain ada juga yang mengatakan berakhir ketika matahari terbenam pada tanggal 13 Dzulhijjah.

Untuk tempat pembelian hewan kurban, seperti kambing kurban, sapi kurban, maupun domba, tidak ada aturan yang baku. Anda bisa membelinya secara langsung, maupun secara online di Global Qurban. Situs pembelian hewan kurban terpercaya dan praktis.

Komentar