Kembangkan Ide Kreatif Anda dengan Membuat Mesin Bubut Kayu

Kerja Sampingan Bagi Para Mahasiswa


Menjadi mahasiswa palagi mahasiswa tingkat akhir pasti kesibukan sudah tdiak seperti saat awal awal menjadi mahasiswa ya Guys! Maka inilah saatnya untuk melakukan kerjaan sampingan agar bisa mendapatkan uang saku sendiri dan bisa membuat Anda tidak nganggur. Yuk kita coba beberapa pekerjaan sampingan ini untuk membantu mahasiswa tingkat akhir yang sudah mulai tidak sibuk!


1. Menulis Artikel

Bagi kamu yang baru mulai menekuni dunia kepenulisan, jangan menyerah meskipun belum menghasilkan karya yang besar. Cukup menulis artikel saja kalian bisa berkarya dan menghasilkan pundi-pundi uang dan belajar mandiri karena tidak merengek lagi minta uang jajan pada orang tua. Apalagi sekarang ini banyak pengusaha yang merambah situs atau blog untuk memasarkan produknya dan itu membutuhkan jasa penulis iklan. Dan banyak aplikasi artikel yang bisa merekrut kamu. Atau media cetak seperti Koran dan majalah. Tentunya kamu harus banyak berlatih.

2. Menjadi guru privat

Bisnis kursus private merupakan bisnis sampingan yang tidak memerlukan modal. Namun bisnis ini menuntut mahasiswa yang menjalankannya mempunyai keterampilan dan keahlian khusus. Hanya saja kalian harus tekun menjadi guru dan mencoba.

3. Freelance (Kontributor)

Beberapa media cetak maupun elektronik memerlukan berita-berita lokal suatu daerah, sekalian bisa menjadi kontributor atau wartawan lepas dan mengirimkan tulisan-tulisan sobat sekalian tentang berita-berita yang terjadi di sekitar. Kalian bisa mengirimkan tulisan-tulisan berupa opini, cerita pendek, resensi buku, dan lain sebagainya ke media-media masa. Dan tentunya kesemuanya ini bisa dijadikan kerja untuk anak kuliah selain pekerjaan yang lain.

4. Ojek Online

Mahasiswa yang memiliki motor dapat mendaftar menjadi ojek online, kerja yang flesibel dengan waktu yang fleksibel akan membantu Anda mendapatkan uang saku tambahan. Untuk para mahasiswa semoga sukses bekerja part time!

Komentar