Produk yang Laris Dijual di Tokopedia

Cara Memilih Hewan Kurban yang Tepat untuk Idul Adha

Hewan yang digunakan untuk kurban adalah hewan ternak. Unta, Sapi, Kambing baik yang jantan atau betina bisa dijadikan hewan kurban. Biasanya kambing satu ekor bisa untuk satu keluarga. Dalam berkurban disesuaikan dengan kemampuan sendiri banyaknya hewan ternak yang akan dikurbankan. Saat mencari hewan untuk dikurbankan perlu adanya kehati-hatian dalam memilihnya. Hal ini dikarenakan hewan untuk kurban memiliki persyaratan yang harus dipenuhi. Syarat-syaratnya ialah yang paling baik, cukup umur, dan tidak cacat.



Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam memilih hewan kurban, antara lain :

1. Cukup umurnya

Syarat utama dalam memilih hewan untuk kurban yaitu hewan ternak memiliki cukup umur untuk dikurbankan.  Biasanya untuk kambing berusia 12 sampai 18 bulan, sedangkan sapi hendaknya mencari yang berumur 2 tahun. Oleh karena itu, sebelum membeli hewan untuk kurban perlu ditanyakan tentang umur dari hewan ternak yang  ditawarkan.

2. Tidak memiliki cacat

Selanjutnya adalah sebaiknya memilih hewan ternak yang memiliki kondisi masih sehat secara fisik. Periksa terlebih dahulu hewan yang akan Anda beli. Setiap organ dalam tubuh hewan pun perlu diperhatikan apakah ada cacat atau tidak. Jangan sampai ada cacat sedikitpun dari hewan ternak. Cacat yang dimaksudkan di sini adalah buta, pincang, terlalu kurus, dan cacat lainnya yang masih bisa terlihat.

3. Nafsu makan tinggi

Carilah hewan yang memiliki nafsu makan tinggi. Hewan yang gemuk sudah dapat dipastikan akan banyak mengandung gizi, dan dagingnya pun dapat cukup mencukupi para penerima daging. Hewan yang seperti inilah yang banyak dicari oleh para pekurban.

4. Tempat saat membeli hewan ternak

Hewan ternak untuk kurban sebaiknya dibeli di tempat yang dikelilingi oleh lingkungan yang bersih dan aman. Hal ini dikarenakan lingkungan adalah faktor utama bagi kesehatan baik manusia maupun hewan. Tempat yang kotor atau kumuh akan mendatangkan penyakit bagi hewannya, dapat pula menjadikan hewan sebagai tempat perkembangbiakan bibit penyakit. Sehingga lebih baik memilih tempat peternakan yang bersih dan sehat.

Hal-hal tersebut diatas perlu diperhatikan setiap kali akan membeli hewan ternak untuk keperluan berkurban. Pembelian hewan ternak sebagai hewan kurban disesuaikan dengan aturan yang telah dianjurkan sesuai syariat Islam. Cara memperoleh hewan untuk kurban pun harus dengan cara yang telah dianjurkan. Hewan ternak yang untuk kurban bisa berasal dari hewan milik sendiri, apabila dengan hewan ternak milik orang lain maka sudah mendapat izin atas kepemilikannya dari orang lain. Dengan kata lain, untuk mendapatkan hewan kurban tidak dianjurkan dengan melakukan cara-cara jahat, seperti merampok, mencuri, dan lainnya. Hal tersebut dikarenakan termasuk dalam syarat-syarat hewan yang untuk dikurbankan. Sehingga perlu untuk mematuhi sebuah aturan agar ibadah yang dijalankan tidak berkurang pahalanya.

Komentar